Selasa, 04 Oktober 2011

Melati dari Jalatunda



Siapa sangka gadis imut yang cantik ini adalah anak Jalatunda? Novi, panggilan akrabnya. Dia adalah seorang alumnus SDN 3 Jalatunda tahun 2004. Setelah lulus SD, Novi sempat mendaftar sebagai murid baru di SMPN 1 Mandiraja dan Diterima disana. Semangatnya untuk tetap sekolah terpatahkan karena kedidakmampuan orang tuanya dalam segi ekonomi. Seperti mayoritas penduduk Jalatunda, orang tua Novi bekerja sebagai buruh tani dimana penghasilan mereka hanya dapat digunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, bahkan kadang kurang. Akhirnya, Novi terbawa arus seperti teman-teman yang lain untuk pergi merantau ke ibu kota. Berbekal ijazah SD pekerjaan yang didapatpun sepele hanya menjadi seorang pembantu rumah tangga. Untungnya, majikan tempat Novi bekerja melihat Novi mempunyai keinginan yang kuat untuk belajar mengijinkan Novi untuk tetap melanjutkan sekolah sampai selesai SMA. Berbekal ijazah SMA Novi mencari pekerjaan yang lebih layak, tidak lagi menjadi pembantu rumah tangga, tetapi menjadi seorang Sales Promotion Girl (SPG) untuk sebuah produk yang ternama. Pengalaman anak inipun semakin bertambah. Dengan BlackBerry yang selalu menemaninya, dia berusaha mencari Link dari desa tempat dia berasal melalui internet. akhirnya dia menemukan beberapa kontak Guru SDN 3 Jalatunda dari akun facebook. Selain itu, diapun berhasil menemukan blog SDN 3 Jalatunda lewat browsing di dunia virtual.
Kesempatan cuti selama 3 hari digunakan untuk pulang kampung dan bertemu kembali dengan Guru-guru di SDN 3 Jalatunda, dan berbagi cerita dengan mentraktir makan bakso di warung Mandiraja.
Pola pikir dan semangat dari Novi perlu diteladani oleh anak-anak Jalatunda yang lain. Dia tidak malu dianggap sebagai perawan tua seperti kebanyakan gadis-gadis di desanya yang menikah pada usia muda. Teruslah berjuang Novi "Melati dari Jalatunda" semoga apa yang kau inginkan dapat terwujud!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar